Saya dan Digital Recording

Kecintaan saya pada musik membuat saya selalu ingin berkreasi terutama membuat lagu. Saya sudah memulai hobi ini sejak masih di SMP dulu. Dengan memanfaatkan sumber daya yang ada saya memulai untuk “ngutak-ngutik” komputer agar bisa memulai rekaman membuat lagu. Saya tidak tahu kenapa minat itu terus muncul dan berkembang dari hari ke hari. Jai, selaain saya aktif bermain musik bersama teman-teman sebenarnya debut sound-engineer sebenarnya telah saya rintis dengan cara membuat lagu bersama teman-teman band.:-)

Software yang pertama kali saya gunakan ialah Windonws  Sound Recorder. Dengan konfigurasi yang cukup mudah yaitu memilih output dan input keluaran dari soundcard. Saat itu soundcard yagn saya gunakan ialah Creative Vibra 128. soudcard tersebut sampai saat ini masih bersama dengan saya membantu proses rekaman lagu-lagu Bananakustik. Hasilnya memang jelek karena dengan sistem tiban-meniban suara wav, hasil recording jadi bising dengan suara noise yang tinggi. Dibantu dengan beat dari Fruity Loops dengan memimilih input stereo mix kami merekam beatnya bersamaan dengan suara gitar yang kami masukkan ke input mic in.

Lalu, saya mulai mengenal software digital recording Cool Edit 2.0. Ini merupakan perkenalan pertama sayadengan software multitrack recording. Bersamaan dengan ini bakat dan pengetahuan saya di bidang sound engineer mulai terasah. Saya mulai mengerti merekam secara multi-track, mixing, dan equalizing dan mastering. Secara otodidak juga saya membuat beat-beat baik hasilnya drum konvensional dan beat elektrik yang hasilnya cukup memuaskan saya, dan orang yang mendengarkannya. Waktu itu proyek itu kami namakan 6-strings project. Proyek yang saya gagas bersama teman saya Imam dan menghasilkan lagu-lagu yang cukup bisa di aransemen ulang menjadi lagu yang benar-benar bagus.hehehe…keterbatasan kami saat itu ialah kami memang belum punya alat musk yang memadai untuk direkam dengan kualitas yang baik.

Lantas bersama band Bananakustik saya mengerjakan proyek e.p atau album kecil yang berisikan lima lagu. Pada saat mengerjakan album tersebut saya hanya bermodalkan PC Pentium 4, Soundcard Creative Vibra 128, Alat musik seperti gitar listrik, bass listrik, gitar akustik (nilon dan string), dan mic Shure Beta. Dibantu dengan converter jack 1/8 untuk input kedalam soundcard. Dengan bantuan software digital recording Cool Edit 2.0 dan beat yang saya buat dengan software Fruity Loop.

Dengan peralatan yang serba minim saya mengerjakan proyek rekaman berbudget hampir tidak ada ini dirumah teman kami yang juga vokalis Bananakustik dengan pertimbangan teman kami ini mempunyai ruangan yang kedap suara untuk take vokal. Saya bertindak sebagai project director, sound eingineer, music director, vocal director dan Manager (ehm..ehm..waaa bayak banget yaaa…) karena memang saya merasakan minat yang tinggi ditambah pengalaman selama enam tahun di bidang digital recording-otodidak-low budget (banget).

Akan tetapi, hasilnya tidak bisa diremehkan begitu saja. Buktinya dengan modal lima lagu hasil rekaman kami dengan alat seadanya kami berhasil masuk festival-festival besar seperti LA Light Indiefest 2008, Backstage 2008, dan pergelaran-pergelaran musik di kampus. Selain telah diputar di beberapa media radio, e.p kami dijadikan RBT oleh sebuah content provider yang cukup besar. Kalau engga percaya boelh denger hasilnya. Nih yaa saya kasih, selamat di unduh…

Bananakustik – The Demo E.P released 2008 produced and distributed by Bananakustik®

Bananakustik – Kencan Pertama

Bananakustik – Takkan Bisa

Bananakustik – That’s Why

Bananakustik – Sing

Bananakustik – Menarilah

    • dalampencarian
    • Maret 16th, 2009

    mantab mas…. cuman dengan peralatan sederhada dah bisa kaya gini, salut2… bagi2 ilmunya dong!!

    • yogakusuma
    • Maret 19th, 2009

    terima kasih mas atas kunjungannya…salam kenal mas…bagi ilmu?!?!boleh2…kita sharing2 ilmu aja disini…saya juga masih amatiran kok…lain waktu saya posting info lain tentang digital recording….wass

    • dalampencarian
    • Maret 19th, 2009

    bahas mixing dong mas… hehe

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

