Saya dan Music Director RTC UI FM

“Wan, O, Sefen Poin, Nain, Ar, Ti, Si, U,I Ef, Em…”

“Seratustujuhkomasembilanerteseuiefem,radiomahasiswa universitas indonesia”

Kata-kata ini selalu terngiang-ngiang ditelinga saya hampir setiap hari dan mungkin sampai kapanpun tetap teringat di hati. Kata-kata diatas ialah ID Call RTC UI FM radio mahasiswa Universitas Indonesia salah satu UKM yang ada di UI yang saya geluti.

Mungkin lama waktu kuliah saya di UI, saya luangkan setengah waktunya untuk UKM ini yaitu RTC UI FM. bermula dari ajakan seorang teman satu jurusan (ilmu politik) yang sama-sama suka musik saya memberanikan diri untuk ikut Open recruitment (OR) RTC tahun 2006 untuk kolega (sebutan untuk anggota RTC UI FM) angkatan tahun 2007. padahal pad waktu itu saya sendiri bingung dan tidak mengerti apa-apa mengenai radio dan tugasnya. Akan tetapi, karena ajakan teman saya tersebut akhirnya saya terpaksa membeli formulir milik teman saya yang ikut OR RTC juga.

Saya memilih divisi Music Director (MD) saat masuk RTC. Saya akui memang saya sangat suka sekali musik dan kurang-lebih mengikuti perkembangan musik baik di Indonesia maupun mancanegara. Segala tugas yang diberikan panitia OR saya kerjakan meskipun sempat kesulitan pada awalnya karena saya hanya ingat lagu waktu lagunya diputar, bukan harus membuat daftar lagu-lagu yang akan diputarkan pada siaran on-air radio terlebih setiap playlist harus memiliki tema-tema tertentu.

Saya berhasil lulus seleksi tahap dua dan akhirnya masuk sebagai kolega baru RTC UI FM, Horaaaay!!! Saya sangat senang ketika itu karena berhasil mengalahkan lebih dari 60 orang yang ikut mendaftar menjadi MD. Di RTC saya banyak mendapat teman baru. teman-teman yang pertama saya temui juga berasal dari divisi MD yang berjumlah lima orang yaitu saya, Idham, Alex, Laras, dan Farah, sayangnya ditengah-tengah masa aktif sebagai asisten MD Farah memilih resign meninggalkan kami para asisten MD yang lain karena kesibukan lain yang menurut dia jauh lebih penting.

RTC UI memberikan saya banyak pelajaran, hiburan, pandangan, dan jaringan akan orang-orang baru di bidang radio, musik dan hiburan pada umumnya. Kami mengikuti beberapa training dan ekskursi ke radio-radio swasta terkenal di Jakarta dan mendapat banyak pengatahuan lebih jauh mengenai dunia radio. RTC juga mengajarkan saya pentingnya profesionalitas dan komitmen. mungkin hingga saat inilah salah satu yang menjadi faktor saya betah berada di lingkungan RTC dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Setelah setahun mengabdi sebagai asisten MD kini tibalah tahun kedua dimana saya berkompetisi untuk menjadi kepala MD. Aroma-aroma persaingan sebetulnya telah lama saya cium tetapi baru benar-benar terasa pada waktu rapat manajerial yaitu pemilihan staff-staff menjadi kepala divisi. Dalam hal ini saya telah dipercayai oleh teman-teman untuk memegang Kepala MD untuk satu tahun kedepan. kegiatan ini saya lakukan dengan senang dan sukarela.

Pengalaman menjadi kepala MD-lah yang membuat cakrawala saya terbuka akan industri musik di Indonesia. Saya harus berhubungan dengan band, manajer band, label rekaman, dan lain-lain. Lambat laun saya mulai mengerti bagaimana mekanisme kerja mereka, kelebihan dan kekurangan pekerjaan mereka, serta cara berhubungan dengan mereka. saya berfikir ini sangat berguna karena saya juga mempunyai band yang hendak saya perjuangkan untuk masuk label rekaman.(hehehe…)

    • gwgw
    • Maret 11th, 2009

    cihuiiii…pertamaxxx….coy….
    btw, salam kenyal mas…

    • yogakusuma
    • Maret 11th, 2009

    iya..sama2…terima kasih udah ngisi comment blog saya untuk pertama kali…blh minta link blognya juga dong mas…thnx

    • Ruby
    • November 17th, 2009

    Salam kenal sbelumnya!!

    KbtUlan aku lg nyelesain tUgas akhir brhubungan sm MD jg..
    Boleh bg informasinya g?
    GmN C mekanisme kinerja MD n hambatan yg d hdpi MD..kLo boleh kirim k email aku yah ruby_chayoo@yahoo.com

    bku yg menyangkuT MD skrg msh sangat langka..

    Thx sebelumNya..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

