Saya dan Makalah Politik Lingkungan dan Sumber Daya Alam

Salah satu pemikiran, isu, ideologi, hingga partai politik kontemporer menggeer isu-isunya kepada isu lingkungan. Lingkungan dipolitisasi ataukah memang kekhawatiran kita pada lingkungan yang menyebabkan munculnya ide-ide pemikiran ini. Kita dapat mengambil contoh Die Grunen di Jerman, yang merupakan salah satu partai yang mengusung isu lingkungan dalam menarik konstituennya.

Politik lingkungan yang  saya pelajari berangkat dari pemikiran yang muncul pada zaman pencerahan dan revolusi industri. Pada era ini terjadi perubahan pola hidup masyarakat yang tadinya agraris menjadi industrialis. hal ini tentunya membawa implikasi terhadap perubahan lingkungan hidup manusia itu sendiri. Manusia yang hingga hari ini masih saja tidak bersahabat dengan lingkungan secara masif melakukan industrialisasi yang destruktif terhadap lingkungan yang merupakan wahana tempat hidup mereka. Pertumbuhan ekonomilah yagn selalu di kejar tanpa melihat perubahan iklim, dan keteraturan bumi. Mereka tidak menyadari bahwa sistem ekonomi hanya merupakan sebagian kecil dari sistem alam atau ekosistem itu sendiri. Padahal kitalah yang seharusnya melindungi diri kira sendiri karena dengan perubahan pola bumi akan memberikan ketidaksesuaian pola hidup kita juga. Intinya bumi akan berubah entah lebih panas atau lebih dingin sedangkan kita yang lemah tak berdaya akan hancur oleh kekuasaan yang lebih dahsyat yaitu kekuasaan alam.

Berangkat dari pemahaman itu juga, pengelolaan sumnber daya alam sebagai kekayaan suatu negara tengah dipermasalahkan. Bagaimana engara yagn seharusnya makmur dengan kepemilikan minyak yang berlimpah harus mengimpor minyak dan menyesuaikan diri dengan harga dari luar negeri. Negara kita tercinta Indonesia contohnya, pengelolaan migas, tambang, dan batubara masih dikuasai oleh pemodal Cina, Korea, Amerika dan negara besar lainnya. sementara kita hanya jadi pelayan kebutuhan mereka dengan setia bekerja dengan sistem mereka dan pembagian untung yang jauh dari adil. Teknologi berbicara dan Modal bekerja.

Berikut ini saya lampirkan hasil kerja saya dalam matakuliah yang saya cukup minati:

Makalah untuk matakuliah Politik Lingkungan dan Sumber Daya Alam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: