Digital Recording dengan MIDI

Apakah Anda seseorang yang memiliki band tetapi belum mempunyai wawasan tentang digital recording atau rekaman via komputer baik desktop,laptop, atau produk komputer lainnya? jika ya, Anda telah berada dijalan yang benar karena sekarang saya akan membahas tentang digital recording dengan MIDI.
MIDI merupakan singkatan dari Musical Instrument Digital Interfaces. pendeknya MIDI ialah antarmuka yang memudahkan pembuatan musik dengan bahasa digital, bukan analog seperti yang dihasilkan bunyi instrumen musik. MIDI mulai digunakan untuk kebutuhan musik sekitar tahun 1980-an dimana musik digital sedang mendominasi suara-suara lagu yang dihasilkan pada masa itu. Jika kita melihat alat musik keyboard, maka kita akan temukan alat musik tersebut bekerja berdasarkan sistem MIDI atau GENERAL MIDI. Hampir seluruh keyboard pada saat ini telah menggunakan sistem GENERAL MIDI dengan suara (synth) yang dapat ditambah-tambahkan kedalamnya.
Zaman mulai berganti, teknologi terus berevolusi, muncullah keyboard kontroller atau mungkin lebih dikenal dengan MIDI controller. MIDI controller ialah alat musik yang tidak memiliki modul suara seperti keyboard biasa pada umumnya. MIDI controller pada saat ini mungkin lebih didimonasi dengan port USB atau koneksi input/output MIDI dengan port USB juga.
Midi Controller memerlukan modul suara yang berasal dari sofware komputer. software komputer yang mengusung modul suara untuk MIDI biasanya disebut Virtual Instrument (VST, DXi, RTAs, dll).  Pada saat ini mungkin ada lebih dari ribuan program Virtual Instrument yang dapat membantu kita untuk menciptakan suara-suara piano, elektrik piano, synthesizer, dan sound effect lainnya, Anda dapat melihat VSTClub.

MIDI controller memiliki harga yang bervariasi dari mulai 1 juta hingga puluhan juta tergantung kebutuhan kita sebagai musisi. software hosting untuk MIDI yang terkenal diantaranya Nuendo, Cubase, Sonar, Pro Tolls, dan lain-lain. Dengan VST yang telah ktia install, kita dapat merekam MIDI dan mengaplikasikan VST kita untuk menjadi modul suara.foto blogGambar disamping merupakan contoh sala satu VST Korg Legacy Cell dengan software host Cubase SX.  Setting yang harus kita lakukan untuk memperoleh bunyi dari VST dari keyborad/MIDI controller kita adalah buka tab devices>devices setup dan atur VST audiobay dengan soundcard yang Anda gunakan. Saya menyarankan agar menggunakan ASIO4ALL yang dapat diunduh disini. Tambahkan MIDI track pada track cubase/nuendo. atur input MIDI dengan “all MIDI input”. buka device>VST instruments, klik pada bagian hitam dan pilihlah VST Instruments, jika belum menginstall gunakanlah VST yang diberikan cubase contoh “a1”. Lalu, atur output MIDI nya pada “a1”. Jika memiliki kesulitan baca buku manual .pdf nya.

Intinya Kita bisa mengembangkan musik kita dengan suar-suara yang sangat kaya dari VST yang sekarang bisa meng-cover seluruh instrumen dari mulai piano, gitar, bass, drum, hingga vokal sekalipun asalkan kita mau belajar dan mecari informasi tentang keberadaan VST. cukup banyak pula yang menyediakan versi gratis dan dapat langsung di unduh.  Gunakanlah paman google untuk memudahkan pencarian Anda.

Selamat Ber-VST-ria!!!

ttd,

Yoga Kusuma

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: