MALAAASSS….

Setelah hampir satu bulan lebih absen dari posting karena yang pertama, kemalasan menjaring inspirasi dan menghabiskan waktu berfikir untuk menulis, kedua, putusnya koneksi internet dikarenakan tunggakan yang mencapai tiga bulan berturut-turut,dan yang ketiga malas saya yang tidak lepas-lepas dari onggokan daging dan tulang dalam tubuh saya, cih!

Lantas untuk pemanasan saya tidak akan posting sesuatu yang berat-berat karena seperti prinsip badan, otak pun harus “di panaskan” terlebih dahulu untuk bekerja ekstra keras.  Jika tidak demikian, tentunya seluruh otot dan otak akan kaget dan akibatnya terjadi cedera yang tidak diinginkan hingga kontraksi pada otak yang mengakibatkan idiot sesaat (baca:lemot). Berbicara soal malas, kita tentu teramat-sangat-dekat-seperti-belahan-jiwa dengan kata yang satu ini. Apalagi jika saat libur tiba, suara hati nurani jiwa saya untuk bangun siang terlampiaskan dibanding saat kuliah yang menuntut untuk bangun pagi.:-D 

Saya mempunyai beberapa tips bagi kita untuk terhindar dari rasa malas yang selalu menjangkiti kita bila saat libur tiba. 

1. Jauhkan diri dari tempat tidur

Tips yang pertama ini sangat fundamental karena menyangkut perasaan nyaman, nyenyak sekaligus pulas. Diri kita harus senantiasa jauh dari tempat tidur. Jika perlu kasur kita lipat atau jauhkan dari pandangan mata. Dekati kasur hanya jika tidur malam tiba.

2. BANGUN PAGI jangan tidur lagi, Mandi!

tentu kita mungkin ingat salah satu lagu alm. Mbah Surip yang syairnya “bangun tidur, tidur lagi” tersebut. saya sempat tertawa geli mendengar lirik tersebut dan pada kenyataannya, jika libur tiba tiada yang bisa melawan saya untuk melakukan bangun tidur, online, makan, minum lalu tidur lagi. Inilah efek nyata dari tips yang pertama yaitu jauhkan diri dari tempat tidur jika sudah bangun. Jika kita bangun langsunglah bergegas untuk mandi atau olah raga. Air dingin pagi hari akan meberikan kita shock therapy agar otak bangun lebih cepat dan siap ebraktifitas.

3. Olah raga tiap hari

Memang benar nasehat para dokter dan ahli kesahatan yang mendorong kita untuk terus berolah raga dan mengolah tubuh agar urat dan otot kita terbiasa melakukan kerja berat. Jika perlu kita barengi dengan puasa seperti senin-kamis atau puasa Nabi Daud. Intinya latihlah tubuh kita jangan sampai seharian didepan komputer hanya menulis blog atau berselancar. (seperti saya…:-p)

4. Buat target dan deadline

Saya selalu ingat kata-kata dari buku “The Power of Kepepet” karangan Jaya Setiadi yang menurut saya sangat powerfull karena mampu merubah saya menjadi orang yang selalu dikejar oleh deadline, target agar lebih sukses dari hari ke hari. Jadikan tiap hari sebagai target-terget Anda agar hari lebih terencana. Buatlah tekanan-tekanan agar Anda senantiasa dalam keadaan Kepepet. Jika masih tidak paham dengan caranya, saya akan mencontohkan. Bilanglah kepada teman Anda jika kita akan datang kerumahnya pagi-pagi untuk alasan tertentu. Jika kita tidak bisa menepatinya, kita akan memberikan teman kita itu hadiah 500 ribu. Jika ingin lebih tertekan, buatlah surat perjanjian dengan tanda tangan dan materai. Jika sudah demikian, Anda tentu akan meresapi keadaan kepepet dan mulai menyukainya.

5. Dengarkan lagu yang membuat semangat

Kenyataannya lagu dapat merangsang kerja tubuh, kerja otak, dan alam bawah sadar kita. Banyak buku-buku yang menyarankan untuk mendegarkan musik yang membuat semangat kita berkobar kembali, atau kembali bersyukur menjalani hidup dan menghargainya seperti lagu D’Masiv yang berjudul “Jangan Menyerah”. Dengarkan sebelum Anda beraktifitas dan resapi liriknya bait demi bait. Niscaya Anda tetap dalam keadaan “termotivasi”

Hal ini hanya merupakan contoh-contoh yang saya buat yang pada intinya mencoba memberikan peringatan kepada diri saya sendiri agara lebih bersemangat dan menghilangkan rasa malas. Kalahkan rasa malas Anda.

 

ttd,

Yoga Kusuma

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

