Balada Pencari Kerja

Lulus kuliah…Wisuda…Dapet ijazah…Cari Kerja…

foto jobs db

SELAMAT DATANG DI DUNIA YANG SEBENARNYA…!!!

Kata-kata tersebut sering dilontarkan dari beberapa kolega saya di kampus. ketika kuliah di tahun terakhir, menyusun skripsi, dan akhirnya sidang, lalu dinyatakan lulus merupakan sebuah kawah candradimuka baru yang hendak kita masuki setelah "masa-masa indah di surga" a.k.a. kuliah selesai. Di sinilah awal mula suatu kerumitan terjadi. Kepingin buka usaha, tapi modal dan pengetahuan belum cukup (alasan klise orang2 yang malas usaha), terus nganggur ga enak sama orang tua, ya pilihan yang paling "standar" memang MENCARI KERJA.

Suka tidak suka, mau tidak mau, kita akan selalu berhadapan dengan dunia pencari kerja. syukur alhamdulillah setelah saya lulus bisa langsung bekerja, meskipun saat ini saya juga hendak mencari tempat kerja baru yang lebih menantang (padahal emang ga cocok…xp). Dalam fase ini terjadi banyak pembelajaran bagi diri saya. dari mulai browsing info lowongan di internet dan koran, dateng ke job fair, kirim surat lamaran, ikut psikotes, serta cari-cari info mengenai pekerjaan yang hendak saya lamar. Pada satu waktu, hal ini memberikan banyak informasi dan pengalaman yang berharga bagi saya. diantaranya ialah bahwa ternyata mencari kerja-yang benar-benar cocok-memang susah-susah gampang. Hingga detik ini pun saya masih belum mendapatkan pekerjaan yang saya impikan.

Saya banyak bertemu orang-orang yang juga hendak mencari kerja seperti saya dan berbagi pengalaman dan informasi mengenai pasar kerja yang ada saat ini dan keluh kesah terhadap proses tes kerja. Tidak ada pilihan lain selain menikmati proses yang satu ini karena menurut saya hal ini merupakan pembelajaran yang sangat penting bagi saya seorang fresh graduate yang hampir tanpa pengalaman dan skill yang dibutuhkan dunia kerja saat ini. Saya tidak hendak kembali meratapi pilihan kuliah saya tetapi dalam proses pencarian kerja terbukti bahwa jurusan juga cukup menentukan untuk kita fokus terhadap satu bidang tertentu yang nantinya hal tersebut akan dihargai oleh perusahaan pencari karyawan.

Klausul-klausul Penting yang Harus Diketahui oleh seorang Pencari Kerja:

Deskripsi Kerja: mutlak bagi kita untuk mengetahui deskripsi kerja (job description) posisi yang kita lamar. Memang kita tidak bisa langsung menanyakan hal ini pada pewawancara kita. Akan tetapi, gunakanlah media seperti teman, koran, buku, dan internet untuk mencari tahu apa sebenarnya yang dikerjakan dalam posisi tersebut. Penting juga untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan kemudahan dalam pekerjaan tersebut sehingga kita tidak salah pilih. Jika kita masih bingun juga padahal keadaan sudah sangat mendesak bagi kita untuk bekerja, saran saya jika demikian ada baiknya Anda belajarlah menikmati setiap pekerjaan dengan bersyukur bahwa tidak ada yang sia-sia dalam hidup kita. Jadikan pengalaman dengan menyerap ilmu-ilmu yang ada di posisi kerja yang sekarang. Semuanya pasti akan ada manfaatnya untuk pengalaman kerja kita.

Gaji: Berapa yang akan kita terima? dari mulai gaji pokok, tunjangan, insentif, fasilitas kesehatan, dan semua yang berhubungan dengan apa yang kita akan terima. tips dari saya adalah jangan melihat dari besarnya gaji yang kita terima tetapi dari berapa besar yang bisa kita tabung per bulannya, misal: [gaji(-)uang makan(-)ongkos(-)biaya bulanan lainnya(=)tabungan] hal ini juga yang dapat mendasari kita untuk mempertimbangkan jika posisi yang kita lamar mengharuskan kita ditempatkan di luar daerah, dimana jika kita masih tinggal dengan orang tua akan sangat berbada jikalau kita tinggal di luar kota yang dapat memperbesar biaya kita perbulan karena semuanya harus di biayai sendiri. Apakah dengan gaji besar tapi ditempatkan di daerah atau gaji kecil tapi tetap di domisili.

(BERSAMBUNG)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

